Nominalisasi (Pembendaan) Kata Beserta Contohnya

 Assalamualaikum.

Hai-

Celotehnisa.com |  Nominalisasi (Pembendaan) Kata Beserta Contohnya - Definisi kata nominalisasi dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) adalah proses membentuk nomina dari kelas kata lain menggunakan afiks tertentu; proses atau hasil membentuk satuan berkelas nomina dari kata, frasa, klausa, atau kalimat berkelas lain. Jadi, sederhananya nominalisasi (pembendaan)  merupakan proses tata bahasa yang mengubah kata benda, kata kerja, atau kata sifat menjadi kata benda.

Nominalisasi (Pembendaan) Kata Beserta Contohnya


Nominalisasi (Pembendaan) Kata Beserta Contohnya

Contoh:

1. Berjuang --- Perjuangan

    Berjuang (kata kerja) --- Perjuangan (kata benda)

Kata tersebut mengalami proses nominalisasi atau pembendaan. Sebelumnya kata berjuang merupakan kelas kata kerja, tetapi setelah diberi afiks atau imbuhan berubah bentuk menjadi kata perjuangan (kata benda).

2. Bahagia --- Kebahagiaan

    Bahagia (kata sifat) --- Kebahagiaan (kata benda)

Kata tersebut mengalami proses nominalisasi atau pembendaan. Sebelumnya kata bahagia merupakan kelas kata sifat, tetapi setelah diberi afiks atau imbuhan berubah bentuk menjadi kata kebahagiaan (kata benda).

Fungsi dari proses nominalisasi ini adalah untuk menghubungkan makna antarkalimat agar runtut, kohesi, dan koheren. Perhatikan contoh berikut.

Paragraf 1

Ayahku adalah sosok yang hebat, beliau berjuang keras untuk memenuhi semua kebutuhan anak-anaknya. Perjuangan tersebut masih terpatri dalam ingatanku, walaupun sekarang beliau sudah tiada.

Kedua kalimat dalam paragraf tersebut saling berhubungan karena dihubungkan oleh kata berjuang dan perjuangan. Kata perjuangan pada kalimat dua mengalami nominalisasi (pembendaan).

Paragraf 2 

Hari ini Nindi sangat bahagia. Kebahagiaan itu terlihat jelas dari wajah polosnya.

Kedua kalimat dalam paragraf tersebut saling berhubungan karena dihubungkan oleh kata bahagia dan kebahagiaan. Kata kebahagiaan pada kalimat dua mengalami nominalisasi (pembendaan).

Semoga bermanfaat 😊

Baca juga: 

Baca Juga
Posting Komentar