Tips Cara Merawat Kesehatan Mental

 Assalamualaikum.

Hai-

Celotehnisa.com |  Tips Cara Merawat Kesehatan Mental - Siapa sih orang yang paling bertanggung jawab pada diri sendiri? Jawabannya tentu adalah diri kita sendiri. Bertanggung jawab di sini termasuk merawat kesehatan fisik maupun mental. Namun, sampai sekarang mayoritas di antara kita masih berfokus pada kesehatan fisik saja. Padahal, kesehatan mental juga tidak kalah penting. 



Tips Cara Merawat Kesehatan Mental

Sebenarnya merawat kesehatan mental tidak serumit yang dibayangkan. Salah satunya adalah dengan mengikuti tips-tips sederhana berikut ini.

1. Katakan Hal Baik pada Diri Sendiri

Mulai hari ini, mari biasakan untuk menstimulus pikiran dengan mengatakan hal-hal baik pada diri sendiri. Tidak usah menunggu orang lain mengatakan hal-hal tersebut kepadamu. Sebagai contoh, coba katakan pada diri (kalau bisa di depan cermin, sih) , "Hai, kamu adalah orang yang kuat, kamu mampu melewati semua ini," atau hal-hal baik lainnya yang kamu inginkan. Tanpa kamu sadari, alam bawah sadarmu lambat laun akan merespon dan menjadikan dirimu sesuai dengan sugesti-sugesti positif yang kamu katakan. Tentu ini sangat berpengaruh dengan kesehatan mentalmu. Coba saja dulu, yuk semangat!

2. Doakan Orang Sekitar

Mendoakan orang-orang yang ada di sekitar dengan doa yang baik juga sangat berpengaruh pada kesehatan mental, loh. Doa yang baik dan tulus merupakan kombinasi yang sangat pas. Percaya saja, doa yang tulus akan memberikan efek tenang, nyaman, dan senang bagi diri sendiri serta memberikan dampak positif bagi hubunganmu dengan orang sekitar karena kamu akan dikenal sebagai orang yang baik di mata mereka. Selain itu, Insya Allah doa baik dan tulus yang kamu panjatkan untuk orang sekitar tersebut akan berbalik padamu. Tentu mau, dong?

3. Hargai Perubahan Diri

Belajarlah untuk menghargai sekecil apa pun perubahan yang kamu lakukan. Hargai usaha yang telah dirimu perbuat. Jangan pernah lagi meremehkan diri sendiri, karena ini hanya akan memperburuk kesehatan mentalmu. Penghargaan-penghargaan yang kamu berikan kepada dirimu sendiri akan memunculkan kembali semangat dan gairah hidup. Hal ini tentu sangat berdampak pada kesehatan mentalmu. Jangan pernah menyerah, terus lakukan perubahan ke arah yang lebih baik. Dirimu berharga.

4. Maafkan Diri Sendiri

Selama ini kamu mungkin terbiasa untuk meminta maaf kepada orang lain, tetapi lupa untuk meminta maaf kepada diri sendiri. Jika dulu kamu pernah melakukan kesalahan, maka maafkanlah dirimu atas hal itu.  Pahamilah, bahwa kita semua adalah manusia  biasa yang tidak dapat lepas dari yang namanya kesalahan, termasuk dirimu. Percayalah, dengan memaafkan hatimu akan  menjadi lebih lapang dan ikhlas dengan hal manusiawi tersebut. Berhentilah menyalahkan diri sendiri karena ini akan semakin menyakiti mentalmu. Kamu pasti bisa!

5. Fokus pada Hal yang Bisa Dikendalikan

Fokuslah hanya pada hal yang bisa kamu kendalikan. Jangan overthingking, ya. Hal ini juga penting untuk merawat kesehatan mentalmu. Kamu mungkin pernah melakukan kesalahan, tetapi jangan terus menerus terperosok dengan penyesalan atau rasa sakit di masa lalu terlalu dalam. Kamu memang tidak dapat mengubah kejadian atau rasa sakit di masa lalu, tetapi kamu dapat mengubah dirimu menjadi pribadi yang lebih baik lagi untuk hari ini dan seterusnya. So, jalani hari ini, besok, dan seterusnya dengan semangat. Jadikan hari kemarin sebagai pembelajaran untuk menjadi lebih baik. 

6. Sediakan Waktu Me Time

Me time artinya meluangkan waktu untuk diri sendiri. Ini bagian yang mengasyikkan dan tentu sangat mempengaruhi kesehatan mentalmu. Cobalah  kamu luangkan waktu  bagi diri sendiri untuk bersenang-senang. Me time tidak harus mengeluarkan budget khusus loh, lakukan saja hal-hal yang kamu sukai. Mungkin hanya dengan menonton film favorit di kamar sambil makan biskuit kesukaan atau bahkan hanya dengan membersihkan kamar menjadi lebih rapi itu sudah dapat menaikkan moodmu. Tentu itu hanya sekedar contoh, setiap orang memiliki caranya sendiri untuk menikmati me time. Tunggu apalagi? Yuk, me time dengan caramu sendiri.

7. Minta Bantuan Profesional

Jika kamu sudah merasa kewalahan dan merasa tidak mampu menangani rasa sakitmu tersebut sendiri, jangan pernah ragu untuk meminta bantuan profesional. Jangan pernah ragu dan malu untuk mendatangi psikolog maupun psikiater. Ini merupakan hal yang selayaknya untuk dilakukan. Seperti ketika sakit secara fisik, kamu berobat ke dokter. Begitu juga jika mentalmu sakit tentu merupakan hal yang wajar jika kamu mendatangi orang yang profesional di bidang tersebut. Tidak usah menunda-nunda jika memang sudah tidak mampu ditangani sendiri. Kamu harus sehat, fisik dan mental.

Itulah tips cara merawat kesehatan mentalmu sendiri. Jangan pernah membiarkan kesehatan mentalmu terus memburuk bahkan sampai mengganggu kehidupan sehari-hari. Teruslah berjuang, semangat! Mental yang sehat adalah aset berharga dan kamu yang paling bertanggung jawab untuk merawatnya. 

Semoga bermanfaat 😊 

Sumber: newidapsikiater dan firaissa_winda (IG)

Baca Juga: Lima Tahap yang Dilewati Untuk Mampu Berdamai dan Menerima Luka

Baca Juga
Posting Komentar