Jumat atau Jum'at? Mana yang Benar?

 Assalamualaikum.

Hai-



Celotehnisa.com |  Jumat atau Jum'at? Mana yang Benar? - Apa kabar semuanya? Semoga selalu baik dan bahagia. Btw, besok hari apa, ya? Jumat atau Jum'at, sih? Loh, kok? Hehee, kalian bingung ya, karena sebenarnya keduanya memiliki makna yang sama. Iya, benar sekali! Keduanya memiliki makna yang sama. Kata Jumat dan Jum'at dalam KBBI memiliki makna yang sama, yaitu hari ke-6 dalam seminggu.

Selama ini sebagian besar dari kita mungkin kurang memperhatikan bahwa kadang-kadang kita menemukan dua versi penulisan untuk penamaan hari ke-6 ini, yaitu Jumat dan Jum'at. Sepintas terlihat tidak ada yang salah dalam penulisan kedua kata tersebut. Namun, tahukah kalian bahwa hanya salah satu dari kedua kata tersebut yang penulisannya benar (baku). 

Untuk menguji kata mana yang benar, maka mari kita buka kembali Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI). Nah, kata mana yang ditemukan dalam KBBI? Benar sekali, kata yang kita temukan adalah kata Jumat, sedangkan kata Jum'at tidak terdapat dalam KBBI. Oleh karena itu, kata yang penulisannya benar (baku) adalah kata Jumat, sedangkan kata Jum'at yang menggunakan tanda petik satu (') penulisannya salah.

Jumat (benar)

Jum'at (salah)

Yuk, kita lihat penggunaannya dalam kalimat berikut ini.

1. Desi melahirkan anak keduanya pada hari Jum'at. (salah)

2. Mari biasakan bersedekah lebih banyak pada hari Jumat. (benar)

3. Eka mengikuti ujian tes CPNS pada hari Jum'at. (salah)

4. Jumat ini Ani akan melakukan bakti sosial bersama teman-teman aktivis kampusnya. (benar)

Semoga bermanfaat, ya 😊 

Baca juga: 

Keluar atau Ke Luar? Mana yang Benar?

Silahkan atau Silakan? Mana yang Benar?

Baca Juga
Posting Komentar